Pahami Tools Digital Marketing, Sebelum Menjadi Digital Marketer

Sumber : Pexels

Saat ini pada tahun 2023, menjadi seorang digital marketer memiliki peluang yang menjanjikan dimasa depan. Sebagai seorang digital marketer, mengetahui dan menguasai tools digital marketing merupakan sebuah keharusan.

Sebagai pengguna media sosial, kita tidak asing dengan banyaknya pengguna media sosial yang tampil pada layar kita memasarkan produk mereka, terutama pada media sosial tiktok yang menyediakan tombol keranjang kuning yang dapat mengakses store mereka.

lantas apa kaitannya media sosial dengan digital marketing?, apakah media sosial termasuk tools digital marketing?, apa itu digital marketer?

simak berikut ini. 

Apa itu tools digital marketing?

sesuai dengan namanya, tools pemasaran digital merupakan alat yang digunakan untuk memaksimalkan, dan menjalankan  perencanaan kegiatan kita dalam pemasaran digital. tools pemasaran digital sebenarnya sudah disediakan bahkan oleh google sendiri.  

berikut beberapa tools digital marketing yang paling banyak digunakan dan tentunya dapat diakses gratis

5 tools digital marketing

  1. Google trends  

Platform yang disediakan oleh google untuk melihat trends yang memiliki traffic tinggi untuk saat ini. 

  1. Google Analytics

Platform yang disediakan oleh google untuk membantu evaluasi strategi pemasaran digital yang telah kita lakukan.

  1. Semrush

Tools yang digunakan untuk mencari keywords berdasarkan traffic yang ada dalam search engine google.

  1. Media sosial

Platform yang berfungsi sebagai media atau wadah untuk melaksanakan strategi digital marketing.

  1. Planning Uploader (Buffer) 

Platform yang berfungsi sebagai planning uploader yang digunakan untuk membantu jalannya strategi digital marketing.

Baca juga : Mau jadi notaris ? kenali hal berikut

Pentingnya menguasai Tools Digital Marketing.

Seorang digital marketer harus memiliki skill untuk menguasai tools pemasaran digital karena penggunaan tools dapat memudahkan kita dalam melihat, merencanakan, memantau perkembangan  bisnis kita.

Keberhasilan dari perencanaan digital marketing yang kita jalankan akan berpengaruh pada 

 Hal ini menunjukkan fakta bahwa banyak pelaku bisnis digital pasti akan belajar mengenai digital marketing dan tools digital marketing

Mengapa media sosial masuk dalam tools digital marketing?

Media sosial pada saat ini merupakan platform yang mudah dijangkau semua orang dan merupakan platform dengan jangkauan terluas. pengguna media sosial pun tidak hanya Indonesia namun luar Indonesia pun menggunakan platform tersebut. 

Tiktok, Facebook, twitter merupakan contoh media sosial yang paling banyak digunakan. Faktanya pada 3 media sosial tersebut saat ini tidak lagi berfungsi sebagai tempat interaksi banyak orang, namun menjadi tempat berjualan.

sebagai digital marketer, bersinggungan dengan platform tersebut merupakan sebuah keharusan karena banyaknya keuntungan, selain dapat menjangkau banyak orang hingga keluar negeri.

media sosial pun dapat memotong cost yang harus dikeluarkan untuk biaya konvensional dalam hal mengenalkan produk kepada konsumen.

 “Digital marketing merupakan solusi untuk perkembangan digital saat ini, dan karena adanya digital marketing, kita dapat memotong cost sebagai biaya operasional. Media sosial instagram merupakan platform yang bagus dalam hal bisnis untuk kedepannya” ujar Alshaf Pebrianggara.

3 Tahapan dalam digital marketing

Dalam melakukan digital marketing, memiliki tiga tahapan yakni pra, pro, dan evaluasi.

1. Pra (Persiapan)

Tahap persiapan sebelum melakukan digital marketing merupakan tahap sebagai landasan kegiatan selanjutnya.

Sebagai seorang digital marketer harus memanfaatkan tools- tools digital marketing salah satunya menggunakan tools google trends, google analytics yang berfungsi untuk melihat trend, traffic serta lebih bagus apabila bisa melihat saingan dari bisnis kita.

2. Pro (produksi)

Tahap produksi, merupakan tahap eksekusi rancangan yang sudah disusun dalam tahap persiapan. 

Tahap produksi, penggunaan  tools seperti canva, adobe photoshop dan sebagainya yang difokuskan untuk mengolah produk agar menarik orang yang melihatnya. 

Penggunaan alat seo, seperti memanfaatkan situs semrush, merupakan termasuk tahap produksi dalam menyusun kalimat agar unggahan kita mendapatkan traffic muncul dalam beranda pengguna platform tersebut

3. Pasca (Evaluasi)

Evaluasi merupakan tahap yang harus dilakukan secara rutin, untuk memantau apakah strategi digital marketing yang kita susun telah mencapai kesuksesan dengan mencapai target tujuan atau tidak.

Apabila tidak sesuai dengan target pencapaian atau bahkan malah mendapati kerugian, maka seorang digital marketer harus bisa untuk mencari solusi atas permasalahan tersebut. 

Pemahaman mengenai apa itu digital marketer, tools digital marketing, merupakan dasar yang penting bagi seorang yang ingin menjadi digital marketer agar dapat menyusun dan memaksimalkan planning digital marketing yang akan dilakukan. 

Untuk mengetahui informasi menarik lainnya, kamu bisa kunjungi halaman resmi bisnis digital disini, dan instagram FBHIS disini

Penulis: Nirvana Abdillah Sandi