Pahami Tools Digital Marketing, Sebelum Menjadi Digital Marketer

Sumber : Pexels

Saat ini pada tahun 2023, menjadi seorang digital marketer memiliki peluang yang menjanjikan dimasa depan. Sebagai seorang digital marketer, mengetahui dan menguasai tools digital marketing merupakan sebuah keharusan.

Sebagai pengguna media sosial, kita tidak asing dengan banyaknya pengguna media sosial yang tampil pada layar kita memasarkan produk mereka, terutama pada media sosial tiktok yang menyediakan tombol keranjang kuning yang dapat mengakses store mereka.

lantas apa kaitannya media sosial dengan digital marketing?, apakah media sosial termasuk tools digital marketing?, apa itu digital marketer?

simak berikut ini. 

Apa itu tools digital marketing?

sesuai dengan namanya, tools pemasaran digital merupakan alat yang digunakan untuk memaksimalkan, dan menjalankan  perencanaan kegiatan kita dalam pemasaran digital. tools pemasaran digital sebenarnya sudah disediakan bahkan oleh google sendiri.  

berikut beberapa tools digital marketing yang paling banyak digunakan dan tentunya dapat diakses gratis

5 tools digital marketing

  1. Google trends  

Platform yang disediakan oleh google untuk melihat trends yang memiliki traffic tinggi untuk saat ini. 

  1. Google Analytics

Platform yang disediakan oleh google untuk membantu evaluasi strategi pemasaran digital yang telah kita lakukan.

  1. Semrush

Tools yang digunakan untuk mencari keywords berdasarkan traffic yang ada dalam search engine google.

  1. Media sosial

Platform yang berfungsi sebagai media atau wadah untuk melaksanakan strategi digital marketing.

  1. Planning Uploader (Buffer) 

Platform yang berfungsi sebagai planning uploader yang digunakan untuk membantu jalannya strategi digital marketing.

Baca juga : Mau jadi notaris ? kenali hal berikut

Pentingnya menguasai Tools Digital Marketing.

Seorang digital marketer harus memiliki skill untuk menguasai tools pemasaran digital karena penggunaan tools dapat memudahkan kita dalam melihat, merencanakan, memantau perkembangan  bisnis kita.

Keberhasilan dari perencanaan digital marketing yang kita jalankan akan berpengaruh pada 

 Hal ini menunjukkan fakta bahwa banyak pelaku bisnis digital pasti akan belajar mengenai digital marketing dan tools digital marketing

Mengapa media sosial masuk dalam tools digital marketing?

Media sosial pada saat ini merupakan platform yang mudah dijangkau semua orang dan merupakan platform dengan jangkauan terluas. pengguna media sosial pun tidak hanya Indonesia namun luar Indonesia pun menggunakan platform tersebut. 

Tiktok, Facebook, twitter merupakan contoh media sosial yang paling banyak digunakan. Faktanya pada 3 media sosial tersebut saat ini tidak lagi berfungsi sebagai tempat interaksi banyak orang, namun menjadi tempat berjualan.

sebagai digital marketer, bersinggungan dengan platform tersebut merupakan sebuah keharusan karena banyaknya keuntungan, selain dapat menjangkau banyak orang hingga keluar negeri.

media sosial pun dapat memotong cost yang harus dikeluarkan untuk biaya konvensional dalam hal mengenalkan produk kepada konsumen.

 “Digital marketing merupakan solusi untuk perkembangan digital saat ini, dan karena adanya digital marketing, kita dapat memotong cost sebagai biaya operasional. Media sosial instagram merupakan platform yang bagus dalam hal bisnis untuk kedepannya” ujar Alshaf Pebrianggara.

3 Tahapan dalam digital marketing

Dalam melakukan digital marketing, memiliki tiga tahapan yakni pra, pro, dan evaluasi.

1. Pra (Persiapan)

Tahap persiapan sebelum melakukan digital marketing merupakan tahap sebagai landasan kegiatan selanjutnya.

Sebagai seorang digital marketer harus memanfaatkan tools- tools digital marketing salah satunya menggunakan tools google trends, google analytics yang berfungsi untuk melihat trend, traffic serta lebih bagus apabila bisa melihat saingan dari bisnis kita.

2. Pro (produksi)

Tahap produksi, merupakan tahap eksekusi rancangan yang sudah disusun dalam tahap persiapan. 

Tahap produksi, penggunaan  tools seperti canva, adobe photoshop dan sebagainya yang difokuskan untuk mengolah produk agar menarik orang yang melihatnya. 

Penggunaan alat seo, seperti memanfaatkan situs semrush, merupakan termasuk tahap produksi dalam menyusun kalimat agar unggahan kita mendapatkan traffic muncul dalam beranda pengguna platform tersebut

3. Pasca (Evaluasi)

Evaluasi merupakan tahap yang harus dilakukan secara rutin, untuk memantau apakah strategi digital marketing yang kita susun telah mencapai kesuksesan dengan mencapai target tujuan atau tidak.

Apabila tidak sesuai dengan target pencapaian atau bahkan malah mendapati kerugian, maka seorang digital marketer harus bisa untuk mencari solusi atas permasalahan tersebut. 

Pemahaman mengenai apa itu digital marketer, tools digital marketing, merupakan dasar yang penting bagi seorang yang ingin menjadi digital marketer agar dapat menyusun dan memaksimalkan planning digital marketing yang akan dilakukan. 

Untuk mengetahui informasi menarik lainnya, kamu bisa kunjungi halaman resmi bisnis digital disini, dan instagram FBHIS disini

Penulis: Nirvana Abdillah Sandi

Berita Terkini

komprehensif
Apersepsi PKL Komprehensif MIK Umsida Dorong Sinergi Teori Praktik dan Abdimas
September 12, 2025By
HBOT
HBOT Inovasi FIKES Umsida Turunkan Gula Darah dan Perbaiki Kolesterol
September 11, 2025By
pangan
MIK Umsida Temukan Inovasi Pangan Lokal dan Digitalisasi untuk Cegah Stunting, Sukses Lolos RISTEKDIKTI 2025 Skema Pemberdayaan Masyarakat
September 10, 2025By
kilab
Kebidanan Umsida Sukses Lolos Kilab 2025 Kemdikti Saintek dengan Mannequin Akupresur Inovatif Berindikator LED dan Audio
September 5, 2025By
kompeten
MIK Umsida Raih 100% Kompeten di UKOM, Bukti Keunggulan Pendidikan Berbasis Kompetensi
September 4, 2025By
Mahasiswa MIK Umsida Sabet Juara 1 Lomba Desain Interface Rekam Medis Elektronik
September 3, 2025By
tim pkm bima
TIM PKM BIMA Umsida Gelar Pendampingan Faster Skate Team, Meningkatkan Kinerja Atlet dengan Digitalisasi Data Latihan
September 2, 2025By
Neuromuscular
Service Activities Neuromuscular Taping dalam Health Science Seminar, Penanganan Nyeri yang Efektif dan Tanpa Efek Samping
August 31, 2025By

Prestasi

pangan
MIK Umsida Temukan Inovasi Pangan Lokal dan Digitalisasi untuk Cegah Stunting, Sukses Lolos RISTEKDIKTI 2025 Skema Pemberdayaan Masyarakat
September 10, 2025By
kilab
Kebidanan Umsida Sukses Lolos Kilab 2025 Kemdikti Saintek dengan Mannequin Akupresur Inovatif Berindikator LED dan Audio
September 5, 2025By
baik sekali
S1 Fisioterapi Umsida Raih Akreditasi Baik Sekali, Buktikan Keunggulan Pendidikan Fisioterapi
May 8, 2025By
Kespro
Mengangkat Isu Kespro Disabilitas, Mahasiswa Kebidanan Fikes Umsida Raih Juara 2 Lomba Poster Kesehatan
May 7, 2025By
Low Back Pain
Angkat Edukasi tentang Low Back Pain, Mahasiswa Fisioterapi Umsida Raih Juara Lomba
May 5, 2025By
profesi bidan
Mahasiswa Profesi Bidan Fikes Umsida Siap Menjadi Tenaga Kesehatan Profesional dengan 100% Kompeten
April 22, 2025By
Torehkan Prestasi Nasional! Dziya Ulhaq Mahasiswa Fisioterapi Umsida Raih Juara 1 Poster Edukasi Kesehatan Berbasis Visual dan Data
April 21, 2025By
doktor
Dosen FIKES Umsida Raih Gelar Doktor dalam Kebidanan dan Kesehatan Ibu-Anak, Siap Berkontribusi Lebih Besar untuk Dunia Pendidikan
March 5, 2025By

Opini

DEGENERATIF
Gaya Hidup Remaja dan Ancaman Penyakit Degeneratif, TLM Umsida Ungkap Fakta Mengejutkan
September 15, 2025By
R.I.C.E
Strategi Fisioterapi untuk Pemulihan Cedera Otot, Cara Cepat dan Tepat Kembali Berolahraga
September 1, 2025By
kurikulum
Implementasi Kurikulum Hybrid Rekam Medis, Upaya Meningkatkan Daya Saing Mahasiswa MIK Umsida di Era Digital
July 7, 2025By
Artikel ilmiah
Tangani Keseleo dengan Tepat, Intervensi Fisioterapi Cegah Risiko Cedera Kronis
July 6, 2025By
Digitalisasi
Peran MIK Umsida dalam Digitalisasi Rumah Sakit dan Meningkatkan Kualitas Layanan Kesehatan
July 2, 2025By