TLM UMSIDA mengenalkan pemeriksaan berbasis NAATs di SMK Mitra Sehat, Sidoarjo

Menghadapi semakin maju dan berkembangnya pemeriksaan di bidang molekular, Prodi TLM umsida mengenalkan salah satu pemeriksaan yang beberapa tahun ini berkembang cukup pesat. Pemeriksaan tersebut adalah pemeriksaan berbasis asam nukleat yang sering disebut sebagai Nucleic Acid Amplification Test (NAAT). Kegiatan tersebut merupakan acara berangkai yang diawali dengan pemberian wawasan secara teoritis dan dilanjutkan dengan workshop langsung yang dilaksanakan di Laboratorium Biologi Molekular FIKES, UMSIDA, Kampus 3 Pilang.

Dalam kegiatan tersebut di ikuti oleh 24 siswa mulai dari kelas 10 sampai dengan kelas 12. ” Kami merasa senang dan bangga dapat mengikuti acara ini, sering sering ya. . .” ujar salah satu siswa yang akrab di sapa Kamel. Pada kegiatan tersebut Siswa di perkenalkan Deteksi Toxoplasma menggunakan Metode PCR.

“Metode molekular sekarang berkembang dengan cukup pesat, hal ini di tandai dengan munculnya penawaran penawaran dari rumah sakit, dan klinik kesehatan yang menawarkan pemeriksaan berbasis NAAT ini, oleh karena itu penting kiranya kami mengenalkan bagi calon calon tenaga laboratorium di SMK”. ujar penanggung jawab kegiatan sekaligus pengampu MK Biologi Molekular Bpk Miftahul Mushlih. Kegiatan ini dilakukan bersama tim dosen lain yaitu Ibu Puspitasari dan Andika Aliviameyta.

Related Posts

FIKES Talk: Sosialisasi Pedoman Skripsi Fakultas

fikes.umsida.ac.id – Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA)...

Pembukaan Praktik Klinik Kebidanan di RS Bhayangkara Pusdik Porong

fikes.umsida.ac.id – Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA)...

Program Pembentukan Karakter Mahasiswa Baru Fakultas Ilmu Kesehatan UMSIDA: Membangun Kesehatan dan Kepribadian Berbasis Islam

fikes.umsida.ac.id — Program Pembentukan Karakter Mahasiswa Baru adalah salah satu rangkaian...