Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Lulusan D3 Kebidanan Angkatan Terakhir

Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), kali ini menggelar acara pelantikan dan pengambilan sumpah profesi secara luring untuk 31 lulusan Ahli Madya Kebidanan pada Rabu (16/06/2021), di Aula Siti Khodijah Kampus Pilang UMSIDA. 

Acara digelar dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dan yang hadir terbatas untuk lulusan dan Civitas Akademika Umsida yakni Rektor Umsida, Wakil Rektor III, Direktur Direktorat Akademik (DA), Dekan dan dosen Fikes serta panitia yang bertugas.

Prosesi pelantikan berjalan dengan lancar dan khidmat, Rohaniwan Taufiq Eko Nugroho, S Th I M Pd I. bertindak sebagai saksi. Para lulusan bidan mengucapkan lafal sumpah dengan mantap dipimpin  Djauharoh M Kes selaku wali bidan.

Lulusan yang dilantik ini telah melakukan uji kompetensi dan menungu hasil untuk dinyatakan kompeten sehingga segera mendapatkan Surat Tanda Registrasi sebagai tenaga kesehatan nasional.

Lulusan prodi D3 Kebidanan saat ini adalah kelas terakhir yang diluluskan dengan status terakreditasi B LAMPTKeS. “Walaupun anak terakhir dan lulus di masa Pandemi, kami pengelola Prodi berusaha mensetarakan kualitas lulusan saat ini dengan sebelum pandemi.” Tutur SMF Hanum S ST MM M Kes Dekan Fikes dalam sambutan laporan pendidikan yang disampaikan sebelum prosesi pelantikan. Hanum menegaskan para dosen sudah berupaya maksimal dengan tujuan untuk melahirkan lulusan yang “normal” bukan lulusan yang patologis karena virus Covid 19.

Sebelum menutup sambutannya, bu Hanum sapaan akrabnya membacakan pantun untuk memotivasi lulusan agar kembali study lanjut di Umsida, yang berbunyi Dari Papan Pintu Rumahmu, Jendela Depan Ada 2, Bagi Bidan yang Mau Menambah Ilmu, Mari Kita Balik Ke Umsida. Serentak yang hadir di ruangan itu bertepuk tangan.

Dengan berakhirnya prodi D3 Kebidanan, Fakultas Ilmu Kesehatan telah menambah prodi Pendidikan Profesi Bidan (S1) sejak tahun 2019. Pada tahun 2021 ini Prodi Pendidikan Profesi Bidan mulai menerima mahasiswa Alih jenjang dari D3 Ke  S1 dan profesi untuk memfasilitasi para bidan terutama alumni yang ingin study lanjut karena dalam Undang-undang kebidanan No. 4 Tahun 2019 disebutkan ijin untuk praktik mandiri hanya diberikan kepada bidan yang sudah menyelesaikan Pendidikan Profesi Bidan. 

Penulis berita : Hesty

Related Posts

Fikes Upgrading “Together To Be Better”

Himpunan Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dalam rangka...

Fikes Umsida Tingkatkan Kualitas Pendidikan Kebidanan Melalui Akreditasi Lamptkes

Untuk mendukung kualitas pendidikan kebidanan fikes umsida mengikuti akreditasi lamptkes...

Leave a Reply