Mengurangi Risiko Cidera Olahraga: “Orang Tua Atlet Diberi Edukasi di GOR DELTA Sidoarjo”

Mengurangi Risiko Cidera Olahraga: “Orang Tua Atlet Diberi Edukasi di GOR DELTA Sidoarjo”

Sidoarjo, 7 Mei 2024 – Guna meningkatkan pemahaman orang tua atlet tentang pentingnya mencegah cidera olahraga, FASTER CLUB Sidoarjo menggelar acara edukasi yang bertempat di GOR DELTA Sidoarjo pada Selasa, 7 Mei 2024, dari pukul 15.30 hingga 17.30 WIB.

Acara ini menawarkan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang cidera olahraga kepada orang tua atlet. Salah satu agenda utama adalah sesi edukasi tentang metode PRICE AND HARM, yang merupakan pendekatan efektif dalam menangani cidera olahraga, serta konsultasi fisioterapi untuk memberikan wawasan praktis kepada peserta.

Dalam sesi deteksi dini postur atlet, para orang tua diajak untuk memahami tanda-tanda postur yang tidak seimbang seperti flat foot, bentuk lutut yang tidak normal, dan perbedaan panjang tungkai antara kaki kanan dan kiri. Sesi ini dipandu oleh dosen Fisioterapi UMSIDA, Ibu Widi Arti, serta Praktisi Fisioterapi dari RSUD Sidoarjo, Yuni Endyawati, Ftr.

Kegiatan ini juga melibatkan partisipasi mahasiswa fisioterapi untuk membantu dalam penyuluhan dan sesi konsultasi. Sebagai bentuk apresiasi kepada para peserta, minuman isotonic Pocari Sweat juga disediakan secara gratis bagi para atlet.

Ibu Widi Arti, Ketua Pelaksana Program Pengabdian Masyarakat, menyatakan kegiatan berjalan lancar hingga waktu maghrib berkat antusiasme yang tinggi dari para orang tua atlet. “Kami senang bisa memberikan edukasi yang bermanfaat bagi para orang tua atlet dalam upaya mencegah cidera olahraga yang bisa terjadi pada putra-putri mereka,” ujarnya.

Acara ditutup dengan pembagian doorprize kepada peserta yang aktif bertanya dan antusias. Testimoni dari salah seorang peserta, Mama Amira, menegaskan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para orang tua atlet dalam mendampingi anak-anak mereka berlatih dan bertanding, serta dalam penanganan cidera olahraga.

Program ini menjadi bagian dari komitmen Fisioterapi UMSIDA dalam mendukung para atlet sekaligus memberikan dukungan kepada orang tua dalam menjaga kesehatan dan keselamatan anak-anak mereka dalam berolahraga.

Bertita Terkini

Pengabdian Masyarakat Umsida: Assessment and Improvement Dental Health and Nutrition Status untuk Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Aisyiyah Krian Sidoarjo
May 25, 2024By
Optimalkan Performa dan Kesehatan Atlet Sepatu Roda di FASTER CLUB Sidoarjo: Berhasil Gelar Program Pengabdian Masyarakat
May 13, 2024By
Ramadhan Fest
Ramadhan Fest Fakultas Ilmu Kesehatan: Berbagi Berkah di Panti Asuhan BAitun Ar- Rahman Ar-Rahim
April 4, 2024By
Buka Bersama Pejabat dan Tenaga Pendidikan FIKES UMSIDA Jelang H-8 Lebaran
April 3, 2024By
Kuliah tamu
Prodi Fisioterapi Gelar Kuliah Tamu : Penerapan Ergonomi dan Manajemen Risiko K3
February 1, 2024By
fikes
FIKES UMSIDA Gelar Pembekalan PKL Mahasiswa Prodi D4 Teknologi Laboratorium Medis untuk Menyongsong Profesi
February 1, 2024By
Seminar Internasional
Prodi S1 Fisioterapi UMSIDA gelar Seminar Internasional Pendekatan terbaru Fisioterapi pada Neuropati Perifer Diabetic
January 27, 2024By
Hima Fikes Umsida
Pelantikan Akbar Himpunan Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan UMSIDA: Kepemimpinan Reflektif, Kritis, dan Inovatif untuk Masa Periode 2024-2025
January 25, 2024By

Prestasi

Optimalkan Performa dan Kesehatan Atlet Sepatu Roda di FASTER CLUB Sidoarjo: Berhasil Gelar Program Pengabdian Masyarakat
May 13, 2024By
Tasya Mutia Mahasiswi Kebidanan Juara Favorit Lomba Video Edukasi
March 6, 2024By
Mahasiswa Fisioterapi Juara 2 Lomba Poster Ilmiah
March 6, 2024By
Juara 1 lomba cipta cerpen puisi mahasiswa fisioterapi
March 6, 2024By