Program studi D-IV Teknologi Laboratorium Medis memiliki sarana dan prasana yang mampu menunjang kelancaran kegiatan perkuliahan dan praktikum mahasiswa. Laboratorium dilengkapi dengan berbagai peralatan, media dan reagensia yang dibutuhkan mahasiswa untuk praktikum.

Dengan adanya laboratorium ini diharapkan dapat menunjang proses belajar mengajar sehingga lulusan siap melakukan praktik di tempat kerjanya, baik di laboratorium swasta, laboratorium rumah sakit, maupun laboratorium yang ada pada industri. Sehingga dapat mencetak lulusan siap kerja.

 Berikut ini laboratorium yang dimiliki oleh Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Fakultas Ilmu Kesehatan Program studi D-IV Teknologi Laboratorium Medis :

  1. LABORATORIUM KIMIA KLINIK DAN HEMATOLOGI

a. Laboratorium Kimia Klinik

Laboratorium kimia klinik merupakan sarana bagi mahasiswa untuk melakukan praktikum tentang analisis kimia darah, analisis sampel urine, dan sampel cairan tubuh lainnya guna menunjang diagnosis penyakit dan kelainan tubuh.

b. Laboratorium Hematologi

Laboratorium hematologi merupakan tempat mahasiswa untuk mengenal dan belajar proses analisis pada sampel darah, seperti sifat fisik dan fungsi darah, penanganan sampel, pemeriksaan darah rutin, serta pemeriksaan hematologi klinik lainnya untuk menunjang diagnosis penyakit.

2. LABORATORIUM BAKTERIOLOGI

Laboratorium bakteriologi dapat dimanfaatkan mahasiswa dalam mempelajari bidang bakteriologi klinik antara lain teknik aseptik, sterilisasi, identifikasi bakteri, ataupun juga bakteriologi makanan dan minuman.

3. LABORATORIUM KIMIA DASAR

Laboratorium ini digunakan pada praktikum beberapa mata kuliah antara lain Prak. kimia analitik, Prak. biokimia, Prak. Instrumentasi laboratorium kesehatan, Prak. Pengetahuan media dan reagensia, dll.

4. LABORATORIUM KIMIA TERAPAN

Laboratorium ini digunakan pada beberapa mata kuliah antara lain prak. Analisa kimia air, prak. Analisa makanan dan minuman, toksikologi, prak. Kimia farmasi, dll.

5. LABORATORIUM PARASITOLOGI / MIKOLOGI, SEROLOGI DAN VIROLOGI / SITOHISTOTEKNOLOGI

a. Laboratorium Parasitologi

Laboratorium parasitologi adalah sarana bagi mahasiswa untuk mengenal jenis – jenis parasit, mengamati morfologi parasit pada beberapa fase, serta pemeriksaan lain yang berkaitan dengan parasit pada sampel patologis maupun non patologis

b. Laboratorium Mikologi

Laboratorium mikologi merupakan tempat mahasiswa praktikum tentang jenis – jenis jamur, teknik aseptik, sterilisasi, identifikasi jamur terutama yang menyebabkan penyakit pada manusia.

c. Laboratorium Serologi dan Virologi

Laboratorium Serologi dan Virologi dapat dimanfaatkan mahasiswa untuk melakukan pemeriksaan yang berkaitan dengan imunoserologi dan infeksi virus.

d. Laboratorium Sitohistoteknologi

Laboratorium Sitohistoteknologi merupakan sarana mahasiswa untuk praktikum teknik isolasi, prosessing, pewarnaan dan identifikasi jaringan atau sel pada sampel yang normal maupun abnormal.