Untuk mengembangkan potensi diri dalam bidang olah raga dan seni, mahasiswa Institusi Kesehatan punya wadah yaitu Pekan Olah Raga dan Seni Kesehatan (PORNIKES). PORNIKES merupakan pengembangan kegiatan mahasiswa kesehatan Non-Depkes yang sebelumnya hanya melombakan cabang olah raga saja, yang dinamakan Pekan Olah Raga Kesehatan (PORKES). PORKES sendiri telah berlangsung mulai tahun 2001 dengan melombakan cabang olah raga, yaitu : bola voli, bulu tangkis dan tenis meja. Tahun 2013 PORKES berganti nama menjadi PORNIKES karena penambahan bidang seni yang dilombakan yaitu paduan suara dan poster kesehatan, dan peserta lomba tidak hanya dari institusi pendidikan di Jawa Timur tetapi sudah berkembang dari luar Jawa Timur.

Tahun 2018 ini, untuk pertama kalinya Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) ikut serta dalam perlombaan yang diadakan PORNIKES. Kegiatan ini dihelat di Stikes Hang Tuah Surabaya  pada Sabtu (10/11/18), Fikes Umsida mengirimkan delegasinya untuk mengikuti beberapa cabang lomba antara lain : Volli Putra,Volli Putri, Tenis Meja Putra,Tenis Meja Putri, Bulutangkis Putra, Paduan Suara, Video iklan Kesehatan, dan Presentasi Bahasa Inggris.

   

Dengan mengikuti kegiatan tersebut diharapkan mahasiswa Fikes Umsida dapat meningkatkan kompetensi di bidang olahraga dan seni dan ke depan para atlet Fikes harus tetap semangat berlatih untuk bisa memenangkan lomba sehingga bisa menambah jumlah prestasi mahasiswa, ujar dekan Fikes Sri mukhodim Faridah Hanum MM M Kes. Umsida sudah menyiapkan fasilitas di beberapa cabang olah raga dan seni untuk bisa mendukung setiap kegiatan mahasiswa,” tinggal kami akan menseriusi untuk persiapan PORNIKES tahun depan 2019” ungkap Aji Cakra ketua BEM Fikes.

Related Post

Type your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *