Fikes Talks : Outcome Based Assesment (OBA) Penilaian Berbasis OBE

fikes.umsida.ac.id – Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menyelenggarakan seminar Fikes Talks Outcome Based Assesment (OBA) Penilaian Berbasis OBE, yang di selenggarakan secara online via platform Zoom meeting Rabu 22/11/23 pukul 13.00 wib – selesai.

Baca Juga : Lulus Tepat Waktu, Ini Cerita Wisudawan Terbaik dan Berprestasi Fikes Umsida

Acara yang digelar secara daring ini menghadirkan narasumber Evi Rinata, S.ST., M.Keb selaku Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan dan Noly Shofiyah M.Pd M.Sc. S.Pd selaku Kabid Kurikulum Direktorat Akademik.

Dalam paparannya Evi Rinata, S.ST., M.Keb menejaskan bahwa penilaian berbasis OBE (Observasi, Berbasis Portofolio, dan Evaluasi) ini merupakan salah satu pendekatan penilaian yang dimana dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas penilaian. Penilaian berbasis OBE dinilai lebih adil dan efektif karena dapat menilai berbagai aspek kompetensi mahasiswa secara komprehensif.

“Penilaian berbasis OBE juga dapat menilai aspek kognitif, psikomotor, dan afektif mahasiswa. Penilaian ini juga dapat menilai kemampuan mahasiswa untuk dapat berpikir kritis, memecahkan masalah, dan berkomunikasi secara efektif” ujar Evi Rinata, S.ST., M.Keb

Noly Shofiyah M.Pd M.Sc. S.Pd membuat RPS juga bisa membuat perencanaan dalam penilaian pada RPS ada CPMK yang diturukan menjadi sub-CPMK. Menambahkan CPMK atau sub-CPMK tidak harus di ukur dengan model yang sama, apakah CPMK tersebt sudah cukup dengan menggunakan 2 atau 3 penilaian.

Baca Juga : UKOM OSCE Lokal Prodi S1 Kebidanan: Relevansi dengan Praktik Klinik

“Jika rubik peenilaian sudah terlampir maka perlu dilampirkan pula rubik penilaiannya, rubik penilaiannya tidak harus sama persis dengan contoh yang diberikan dan perlu disesuaikan dengan kebutuhan mata kuliah tersebut. Terkait dengan praktikum dapat dinilai dari laporan praktikum manapun pada saat praktikum berlangsung bisa juga dengan pralab dan lain-lain.” Ujar Noly Shofiyah M.Pd M.Sc. S.Pd

Acara Fikes Talks ini di ikuti oleh seluruh dosen Fakultas Ilmu Kesehatan. Para dosen pun memberikan apresiasi atas materi yang disampaikan oleh narasumber.

Fikes Talks ini merupakan salah satu proker (progam kerja) Fakultas Ilmu Kesehatan yang dimana untuk dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan.

Penulis : Nur Hikmah

Related Posts

FIKES Talk: Sosialisasi Pedoman Skripsi Fakultas

fikes.umsida.ac.id – Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA)...

Pembukaan Praktik Klinik Kebidanan di RS Bhayangkara Pusdik Porong

fikes.umsida.ac.id – Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA)...

Program Pembentukan Karakter Mahasiswa Baru Fakultas Ilmu Kesehatan UMSIDA: Membangun Kesehatan dan Kepribadian Berbasis Islam

fikes.umsida.ac.id — Program Pembentukan Karakter Mahasiswa Baru adalah salah satu rangkaian...