Dosen FIKES UMSIDA Menjadi Narasumber dalam Acara Diseminasi Stunting BKKN

Fikes.umsida.ac.id – Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menjadi narasumber dalam acara Diseminasi Stunting BKKN. Acara ini bertempat di hotel Aria Centra Surabaya, telah dilaksanakan kegiatan Diseminasi Program Emas & Pendampingan Perguruan Tinggi dalam Percepatan Penurunan Stunting yang diselenggarakan oleh BKKBN Provinsi Jawa Timur pada hari Kamis, 7 Desember 2023. Acara ini juga dihadiri oleh Perwakilan BKKBN Kabupaten, Perwakilan Perguruan Tinggi serta Dinas atau OPD terkait.

Baca Juga : Lulus Tepat Waktu, Ini Cerita Wisudawan Terbaik dan Berprestasi Fikes Umsida

Dalam kegiatan diseminasi pada kali ini dibagi menjadi dua sesi panel, yaitu Panel satu membahas tentaang dua topik yaitu Topik 1 tentang Konsep Perguruan Tinggi Peduli Kependudukan (PTPK) dan Mahasiswa Peduli Stunting (Mahasiswa Penting) oleh Pembina Program Bidang Dalduk. Sedangkan Topik 2 yaitu tentang Program Desa Emas (Eliminasi Masalah Stunting) di Jawa Timur oleh Prof Sri Sumarmi, M.Kes.  

Pada sesi panel 2 kali disampaikan oleh Tim dari Universitas Airlangga (Unair) yaitu dengan tema Pelaksanaan Pendampingan Penurunan Stunting di empat Kabupaten. Dilanjutkan dengan sesi penyampaian Best Practice Pelaksanaan Pendampingan Penurunan Stunting di Desa Wonoayu Sidoarjo yang disampaikan oleh perwakilan DPL KKN Stunting Kaprodi Fikes Galuh Ratmana Hanum, S.Si, M.Si. Beliau menyampaikan kendala yang dihadapi tim KKN Stunting UMSIDA yaitu pada saat Sosialisasi Remaja, kebanyakan remaja putra merasa malu dengan topik Kesehatan Reproduksi, sehingga pendekatan yang dilakukan kurang dari rumah ke rumah. Harapannya kedepan kerjasama KKN Stunting dengan BKKN dapat terus dapat dilaksanakan dan ditingkatkan.

Baca Juga : Fikes Talks : Outcome Based Assesment (OBA) Penilaian Berbasis OBE

Dalam kesempatan kali ini, Direktur DRPM Umsida Dr. Sigit Hermawan, M.Si menyampaikan terima kasih kepada BKKN atas kepercayaannya kepada UMSIDA untuk dapat menyelenggarakan KKN Stunting. Dari kegiatan ini, UMSIDA terinspirasi menyelenggarakan KKN Stunting Mandiri yang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten, Dinas Kesehatan, Dinas P3AKB, dan LAZISMU. Hal ini juga sebagai rencana keberlanjutan program-program mendukung untuk penurunan Stunting. Luaran dari kegiatan KKN Stunting UMSIDA ini antara lain yaitu publikasi artikel ilmiah, video dokumentasi, Buku ISBN dan HKI.

Penulis : Nur Hikmah

Edditor : Aziiz

Related Posts

Pembukaan Praktik Klinik Kebidanan di RS Bhayangkara Pusdik Porong

fikes.umsida.ac.id – Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA)...

Program Pembentukan Karakter Mahasiswa Baru Fakultas Ilmu Kesehatan UMSIDA: Membangun Kesehatan dan Kepribadian Berbasis Islam

fikes.umsida.ac.id — Program Pembentukan Karakter Mahasiswa Baru adalah salah satu rangkaian...

Prestasi Luar Biasa Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan UMSIDA Mendapat Penghargaan Prestasi

fikes.umsida.ac.id – Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) meraih...