Diskusikan Riset dan Inovasi di Indonesia, Prodi MIK FIKES UMSIDA Jadi Tuan Rumah Webinar Nasional

Prodi Manajemen Informasi Kesehatan (MIK) Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) bersama dengan Center for Open Science (COS) menjadi tuan rumah webinar bertajuk Advancing Science in Indonesia: Current Global Research Practices pada Senin (21/9/2019) di Aula Siti Khadijah Lt. 4 Kampus Pilang Umsida.
Digelar untuk mendiskusikan beragam strategi yang dapat diimplementasikan untuk meningkatkan kualitas luaran riset peneliti di Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan secara paralel di 39 lokasi penyiaran dari beberapa Perguruan Tinggi Negeri/Swasta dan Lembaga Penelitian di seluruh Indonesia.
Beberapa isu yang dibahas diantaranya menekankan pada pentingnya penguasaan keterampilan dasar meneliti; mengedukasi peneliti mengenai praktik baik meneliti dan mengapa praktik baik meneliti penting bagi kualitas riset; dan mendorong terciptanya ekosistem riset yang fokus utamanya pada kredibilitas, transparansi dan kecermatan ilmiah.
SMF Hanum SST MM M Kes Dekan Fikes Umsida, dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan webinar untuk pertama kalinya di Fikes Umsida. “Terimakasih saya sampaikan kepada semua pihak yang telah mempersiapkan acara Webinar untuk yang pertama kalinya oleh prodi baru pula di Fikes dengan baik, mohon maaf bila ada kekurangan. Semoga bermanfaat bagi peneliti baik dari umsida maupun dr luar umsida yang sudah berpartisipasi dalam kegiatan ini.,” ungkap bu Hanum.
Pembicara dalam webinar ini berasal dari berbagai negara yakni Prof. Brian Nosek, Direktur Eksekutif Center for Open Science (COS), University of Virginia (US); Prof. Simine Vazire, University of California, Davis (US); Prof. Virginia Barbour, Australian Open Access Strategy (AOAS), Queensland University of Technology (QUT, Australia), dan dimoderatori oleh Sandersan Onie, PhD(Candidate) (University of New South Wales, Australia).
Webinar yang diminati 1322 peserta dari seluruh Indonesia. Setidaknya ada 73 peserta yang hadir menyaksikan webinar di Fikes Umsida. Selain Umsida, beberapa institusi yang menjadi lokasi penyiaran yakni Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI); Universitas Indonesia; Universitas Airlangga; Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Universitas Syiah Kuala, Aceh; Universitas Pendidikan Ganesha, Bali; Universitas Pembangunan Jaya, Banten; Universitas Muhammadiyah Gorontalo; Universitas Katolik Widya Mandira, NTT, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang; Universitas Sam Ratulangi, Manado, dsb.( Hesty)

Related Posts

Dibalik Pandemi, Ada Hikmah untuk ATLM

Setiap musibah, pasti akan ada hikmahnya. Dibalik pandemic Covid 19...

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Lulusan Bidan dan TLM Sukses Digelar Secara Daring dan Luring

Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) gelar acara...

Leave a Reply