Dibalik Pandemi, Ada Hikmah untuk ATLM

Setiap musibah, pasti akan ada hikmahnya. Dibalik pandemic Covid 19 ini, ada hikmah untuk jurusan Teknologi Laboratorium Medis (TLM), yang lulusannya disebut Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM) karena untuk mendiagnosis Covid ini berbasis laboratorium.

Hal itu disampaikan oleh Luki Herli Purniawan, S.ST Selaku Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Persatuan ahli teknologi laboratorium medik Indonesia (PATELKI) Jawa Timur dalam acara pelantikan dan pengambilan sumpah profesi untuk lulusan Ahli Madya Kebidanan dan ATLM pada Rabu (11/11/19) di Aula Siti Khodijah Kampus Pilang Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) yang digelar secara daring dan luring.

“Di beberapa wilayah sekarang sangat membutuhkan tenaga ATLM, karena Setiap Rumah Sakit dan institusi membuka laboratorium biologi molekuler untuk mendiagnosa Covid.” Tutur pak Luki sapaan akrabnya.

Pak Luki menyampaikan selamat atas keberhasilan lulusan TLM FIKES UMSIDA dan memberikan beberapa pesan kepada seluruh lulusan yang telah dilantik menjadi ATLM. “Ini bukan akhir dari perjalanan tapi awal dari pengabdian dan kehidupan yang nyata bagi adik-adik semua. Saya berpesan agar adik-adik tetap rendah hati, jangan bosan untuk menuntut ilmu untuk meningkatkan kompetensi dan segera merapat ke organisasi profesi di wilayah masing-masing untuk mengurus perijian Surat Tanda Registrasi (STR)” ujar pak Luki.

Pelantikan tahun ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya, karena situasi pandemi sehingga acara digelar secara daring dan luring. Lulusan yang hadir secara luring hanya perwakilan 3 lulusan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Sebanyak 32 lulusan TLM tahun 2020  yang hari ini dilantik dan mengucap sumpah profesi ini, dinyatakan  100% lulus tepat waktu dan berhak menyandang gelar S.Tr.Kes. Penghargaan lulusan terbaik diberikan kepada Karlia hedit tiana dengan IPK 3, 84. (Hesty)

Related Posts

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Lulusan Bidan dan TLM Sukses Digelar Secara Daring dan Luring

Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) gelar acara...

Materi Seminar Nasional Fisioterapi

https://drive.google.com/drive/folders/1scdM88LsA8rcXQgeM5PfoSOgqeGRAU60?usp=sharing

Leave a Reply