Ahli Madya Kebidanan dan Ahli TLM Fikes Umsida Resmi Dilantik

Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menggelar pelantikan dan pengambilan sumpah profesi bagi 23 Ahli Madya Kebidanan dan 35 Ahli Teknologi Laboratorium Medik (TLM), Rabu (16/10/19), di Aula Siti Khodijah Kampus Pilang Sidoarjo.
Sebelum pengucapan sumpah profesi, mereka telah menjalani yudisium pada Jumat (16/8/2019). Dalam yudisium itu, mahasiswa dinyatakan lulus dan berhak mendapat gelar Amd. Keb bagi lulusan Bidan dan S.Tr. Kes bagi lulusan TLM. Secara administratif, sumpah ini sebagai syarat untuk pengurusan surat tanda registrasi (STR) bagi tenaga kesehatan.
Turut hadir dalam acara ini  Rektor Umsida, Wakil Rektor, Direktur Akademik,  Dekan dan seluruh dosen Fikes, Ketua Organisasi Profesi Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Sidoarjo dan Ketua I Dewan Pimpinan Wilayah Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (PATELKI), serta para Clinical Instructure dari Lahan praktek.
SMF Hanum S ST MM M Kes Dekan Fikes, dalam laporan pendidikan menyampaikan perkembangan yang cukup signifikan dari Fikes yakni telah memiliki 5 prodi dengan berbagai prestasi yang dicapai mahasiswa. Dalam laporannya, Hanum juga menyebutkan mahasiswa terbaik tahun akademik 2018/2019 untuk mahasiswa bidan diraih oleh Roma Dinda Fadilah, Amd Keb dengan IPK 3,78 dan Mahasiswa TLM Nurul Azizah dengan IPK 3,86.

Prosesi pelantikan berjalan dengan lancar dan khidmat. Lulusan Bidan mengucapkan lafal sumpah di dipimpin Djauharoh M Kes selaku wali bidan, sedangkan lulusan TLM dipimpin Suripto, S.T., MKes Ketua 1 Dewan Pimpinan Wilayah PATELKI Jawa timur. Bertindak sebagai Rohaniwan Eko Hardi Ansyah M Psi Psikolog.
Dr Hidayatulloh M.Si Rektor Umsida, dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh bidan dan ATLM yang baru dilantik atas keberhasilannya menempuh pendidikan di Umsida khususnya di Fikes. “Semoga apa yang didapat selama tiga sampai empat tahun ini memberikan bekal yang cukup, dan tentunya bekal itu harus dikembangkan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat luas.” Tutur Hidayatulloh.

Acara pelantikan yang sakral ini, diakhiri dengan kegiatan yang menarik yakni launching senam Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) yang dipimpin mahasiwa TLM semester tiga. Semua yang hadir dalam acara ini diarahkan MC untuk mengikuti gerakan senam Germas dengan alunan lagu yang tengah viral saat ini “Entah apa yang Merasukimu”. (Hesty)

Related Posts

Leave a Reply