Jalur Pendaftaran

Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Sidoarjo tahun akademik 2016/2017 dibagi dalam 4 (empat) jalur masuk, yaitu:

Jalur Reguler

  • Calon mahasiswa baru yang memilih program studi Kebidanan atau Analis Kesehatan dan memenuhi kriteria pada point 1 di atas mengikuti tes TPA, wawancara, dan tes kesehatan.
  • Calon mahasiswa baru yang memilih program studi di luar Fakultas Ilmu Kesehatan dan memenuhi kriteria pada point 1 di atas mengikuti tes
  • Jalur reguler disediakan untuk calon mahasiswa baru lulusan SMA/SMK/MA/ Sederajat.

Jalur Non Reguler

  1. Jalur Prestasi:

1. Jalur Prestasi Akademik

  1. Diperuntukkan bagi siswa siswi lulusan SMA/SMK/MA sederajat tahun 2015 dan 2016 yang memiliki rata-rata nilai raport minimal 85, dibuktikan dengan foto kopi nilai raport dilegalisir mulai kelas X sampai dengan kelas XII.
  2. Calon mahasiswa baru yang memilih program studi di luar Fakultas Ilmu Kesehatan dan memenuhi kriteria pada point 1 di atas tanpa mengikuti tes dan dinyatakan diterima.
  3. Calon mahasiswa baru yang memilih program studi Kebidanan atau Analis Kesehatan dan memenuhi kriteria pada point 1 di atas hanya mengikuti tes wawancara dan kesehatan.
  4. Calon mahasiswa yang mengambil jalur prestasi akademik mendapatkan potongan:
  5. 30% DPP bagi lulusan sekolah Muhammadiyah tahun 2015 dan 2016
  6. 20% DPP bagi lulusan sekolah non Muhammadiyah tahun 2015 dan 2016

 

2. Jalur Prestasi Non Akademik

  • Diperuntukkan bagi calon mahasiswa baru yang memiliki prestasi kejuaraan/olimpiade di bidang Agama, Sains, Seni, dan Olahraga dengan reputasi prestasi tingkat Internasional, Nasional, Provinsi, atau Kotamadya/ Kabupaten dalam 3 (tiga) tahun terakhir dengan menyerahkan bukti berupa sertifikat kejuaraan.
  • Calon mahasiswa baru yang memilih program studi di luar Fakultas Ilmu Kesehatan dan memenuhi kriteria pada point 1 di atas mengikuti tes
  • Calon mahasiswa baru yang memilih program studi di dalam Fakultas Ilmu Kesehatan dan memenuhi kriteria pada point 1 di atas mengikuti tes TPA, wawancara, dan kesehatan.
  • Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus dalam jalur prestasi non akademik mendapatkan potongan:
  1. 40% DPP bagi calon mahasiswa yang mendapat prestasi tingkat internasional
  2. 30% DPP bagi calon mahasiswa yang mendapat prestasi tingkat nasional
  3. 25% DPP bagi calon mahasiswa yang mendapat prestasi tingkat provinsi
  4. 15% DPP bagi calon mahasiswa yang mendapat prestasi tingkat kab. /kota.

 

  1. Jalur Kader Muhammadiyah
  2. Diperuntukkan bagi calon mahasiswa baru dari keluarga Dosen/Karyawan/BPH UMSIDA, Guru/Karyawan Sekolah Muhammadiyah, Pengurus Muhammadiyah, Ortom Muhammadiyah, Karyawan Muhammadiyah, dan Alumni UMSIDA.
  3. Calon mahasiswa baru yang mengambil jalur kader Muhammadiyah mengikuti tes TPA
  4. Untuk calon mahasiswa baru yang memilih program studi Kebidan atau Analis Kesehatan ditambah wawancara dan tes kesehatan.
  5. Calon mahasiswa yang mengambil jalur kader Muhammadiyah dan dinyatakan lulus seleksi mendapatkan beasiswa dengan persyaratan sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam tabel di bawah ini.

 

No. Unsur yang Diberi Beasiswa Internal Dokumen yang Dilampirkan Potongan Biaya
1 Anak kandung dari Dosen Tetap/Karyawan Tetap/ BPH Copy Kartu Keluarga, copy SK Dosen Tetap/ Karyawan Tetap/ BPH 100% DPP

50% SPP

2 Anak angkat/ anak asuh dari pengurus BPH Umsida Copy Kartu Keluarga, copy SK BPH, Surat Keterangan Anak Asuh/ Anak Angkat/ surat pernyataan bermaterai 6000. 100% DPP

50% SPP

3 Anak angkat/ anak asuh Dosen Tetap/ Karyawan Tetap Umsida Copy SK. Dosen Tetap/ Karyawan Tetap, Surat Keterangan Anak Asuh/ Anak Angkat/ surat pernyataan bermaterai 6000. 50% DPP

50% SPP

4 Anak Kandung dari Guru/ Karyawan Sekolah Muhammdiyah di Sidoarjo. Copy Kartu Keluarga, copy SK GTP dan KTP, Surat Keterangan Kepala Sekolah. 50% DPP

50% SPP

5 Anak Pengurus Muhammadiyah dan Ortom di Tingkat Wilayah Jatim/ Daerah Sidoarjo Copy Kartu Keluarga, copy SK Pengurus Aktif, Surat Rekomendasi Pimpinan Persyarikatan. 50% DPP

50% SPP

6 Anak pengurus Muhammadiyah dan Ortom di tingkat Cabang/ Ranting di Kabupaten Sidoarjo Copy Kartu Keluarga, copy SK Pengurus Aktif, Surat Rekomendasi Pimpinan Persyarikatan. 50% DPP

25% SPP

7 Pengurus Muhammadiyah/ Ortom di tingkat Wilayah Jatim/ Daerah Sidoarjo/ Cabang di Kab.Sidoarjo Copy SK. Pengurus dan surat keterangan aktif sebagai pengurus. 50% DPP

25% SPP

8 Guru tetap/ Karyawan Tetap Muhammadiyah di tingkat Wilayah Jatim/ Daerah Sidoarjo/ Cabang di Kab. Sidoarjo Copy SK. GTP dan KTP, copy KK, dan surat keterangan aktif sebagai guru/karyawan tetap. 50% DPP

25% SPP

9 Alumni Umsida yang mendaftar di Program Pascasarjana Copy Ijasah dan transkrip nilai S1. 50% DPP
10 Guru Tetap/ Karyawan Tetap/ Pengurus Muhammadiyah yang mendaftar di Program Pascasarjana Surat Keterangan Aktif, copy SK. Guru/ Karyawan/ Pengurus Muhammadiyah. 50% DPP

25% SPP

 

  1. Jalur Transfer dan Pindahan
  2. Jalur transfer adalah jalur masuk mahasiswa baru yang memiliki ijasah D2/D3 dan ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S-1.
  3. Jalur pindahan adalah jalur masuk mahasiswa pindahan dari perguruan tinggi lain.
  4. Jalur transfer dan pindahan ini dapat dilakukan apabila akreditasi prodi perguruan tinggi asal minimal setara dengan akreditasi Prodi di UMSIDA.

 

Persyaratan Pendaftaran

Jalur Prestasi, Kader Muhammadiyah, dan Reguler

  1. Telah lulus SMA/SMK/MA untuk pendaftar yang memilih program studi jenjang Diploma atau S-1.
  2. Telah lulus S-1/D-IV untuk pendaftar yang memilih program studi Magister (S-2)
  3. Membayar uang pendaftaran
  4. Mengisi dan menyerahkan formulir pendaftaran secara online, dilampiri:
  5. Surat keterangan telah mengikuti Ujian Nasional / fotokopi SKHUN /fotokopi Ijazah SMA/SMK/MA yang dilegalisir 2 lembar
  6. Pas foto 4 x 6 berwarna (background biru, ber-jas, wajib berjilabab untuk putri, wajib berdasi untuk putra) sebanyak 2 lembar dan soft file (maks. 500kb) untuk di upload.
  • Foto kopi rapor SMA/SMK/MA kelas X s.d. XII semester yang dilegalisir masing-masing 1 lembar, bagi pendaftar yang mengambil jalur prestasi akademik.
  1. Foto kopi sertifikat / piagam prestasi (yang mengambil jalur prestasi non akademik)
  2. Foto kopi KTP 1 lembar
  3. Surat Pernyataan Bebas Narkoba, Miras, tindakan kriminal, dan asusila selama menjadi mahasiswa Umsida.

 

Jalur Transfer dan Pindahan

Calon mahasiswa baru yang masuk melalui jalur transfer atau pindahan, wajib mengisi formulir pendaftaran secara online, dilampiri:

  1. Foto copy Ijasah D2/D3 dan transkrip nilai dilegalisir 2 lembar (jalur transfer)
  2. Surat Keterangan Pindah Kuliah dari Perguruan Tinggi asal (jalur pindahan)
  3. Melaksanakan konversi matakuliah pada program studi tujuan.
  4. Melunasi biaya konversi matakuliah sebagaimana yang ditetapkan.
  5. Fotocopy ijazah SMA/SMK/MA sederajat dilegalisir 2 lembar
  6. Fotocopy KTP 1 lembarFoto 4 x 6 berwarna (background biru, ber-jas, wajib berjilabab untuk putri, wajib berdasi untuk putra) sebanyak 2 lembar da n soft file (maks. 500kb) untuk di upload.
  7. Surat Pernyataan Bebas Narkoba, Miras, tindakan kriminal, dan asusila selama menjadi mahasiswa Umsida.

 

  1. Bantuan Biaya Pendidikan
  2. Fakultas Pertanian mendapat bantuan 50% DPP di gelombang I dan 25% di gelombang II.
  3. Prodi PGPaud, PAI, PBA, PGMI dan Hukum Islam mendapat bantuan 25%DPP untuk mahasiswa yang herregistrasi di gelombang I.
  4. Fakultas Ilmu Kesehatan mendapat bantuan Rp. 1.000.000.- yang herregistrasi di gelombang I dari SMK Kesehatan dan SMA/SMK/MA Muhammadiyah.
  5. Mahasiswa yang mempunyai saudara kandung berstatus aktif kuliah di UMSIDA mendapat bantuan 25% DPP (dibuktikan dengan KK asli dan KTM saudara yang kuliah di UMSIDA).
  6. Apabila terdapat mahasiswa yang memenuhi lebih dari satu kriteria penerima bantuan biaya pendidikan, maka yang diambil adalah bantuan biaya terbesar.

 

Herregistrasi

  1. Mahasiswa Baru yang dinyatakan DITERIMA Wajib Melakukan Proses Daftar Ulang. Jumlah biaya yang harus dibayar pada saat daftar ulang sesuai dengan program studi dan waktu kuliah yang dipilih melalui Teller Bank Syariah Mandiri atau ATM Bersama.
  2. Calon mahasiswa baru melakukan daftar ulang secara online di web umsida.ac.id login dengan username dan password yang sama, klik menu Herregistrasi, isi formulir daftar ulang dengan lengkap kemudian simpan dan cetak formulir.
  3. Calon mahasiswa baru menyerahkan berkas persyaratan:
  4. Formulir pendaftaran yang telah diisi
  5. Fotocopy ijazah SMA/SMK/MA sederajat dilegalisir 2 lembar
  6. Fotocopy transkrip nilai SMA/SMK/MA sederajat dilegalisir 2 lembar
  7. Fotocopy KTP 1 lembar
  8. Foto 4 x 6 berwarna (background biru, ber-jas, wajib berjilbab untuk putri, wajib berdasi untuk putra) sebanyak 2 lembar dan soft file (maks. 500kb) untuk di upload.
  9. Surat Pernyataan Bebas Narkoba, Miras, tindakan kriminal, dan asusila selama menjadi mahasiswa Umsida.
  10. Tambahan berkas persyaratan lainnya untuk pandaftar Jalur Prestasi, Jalur Kader Muhammadiyah dan Jalur Transfer atau Pindahan
  11. Setelah syarat dan proses dinyatakan lengkap, maka calon mahasiswa baru mendapatkan NIM, KTM sementara dan Jas Almamater sebagai tanda resmi menjadi Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.