Laboratorium di program studi DIII-Kebidanan terdiri dari 6 laboratorium utama guna menunjang proses belajar mengajar sehingga lulusan siap melakukan Praktik Klinik Kebidanan di Lahan Praktik seperti di Rumah Sakit, Rumah Bersalin dan Bidan Praktik Mandiri yang pada akhirnya lulusan siap kerja.

 

  • 1. Laboratorium Ante Natal Care (ANC)

Laboratorium ANC merupakan lab penunjang perkuliahan asuhan kehamilan yang bisa dimanfaatkan oleh dosen dan mahasiswa dalam proses belajar mengajar. Praktikum asuhan pada ibu hamil, mulai dari anamnesa, pemeriksaan fisik umum dan obstetri, pemeriksaan lab penunjang dan pemberian informasi/ konseling. Selain pemanfaatan dalam proses pengajaran, laboratorium ANC juga digunakan secara langsung untuk pemeriksaan Antenatal pada Ujian Tahap II dan IV.

  

  • 2. Laboratorium Intra Natal Care (INC)

Laboratorium INC merupakan lab penunjang perkuliahan asuhan persalinan yang bisa dimanfaatkan oleh dosen dan mahasiswa dalam proses belajar mengajar, memberikan asuhan pada ibu bersalin, mulai dari anamnesa, pemeriksaan fisik, tindakan dan konseling. Lab INC juga digunakan untuk manuver dan pertolongan persalinan pathologi.

  • Laboratorium Post Partum Natal Care (PNC)

Laboratorium PNC merupakan lab penunjang perkuliahan asuhan Post Partum baik fisiologi maupun pathologi yang bisa dimanfaatkan oleh dosen dan mahasiswa dalam proses belajar mengajar, memberikan asuhan pada ibu nifas, mulai dari anamnesa, pemeriksaan fisik, tindakan dan konseling.

  • 4. Laboratorium Bayi, Balita

Laboratorium Bayi dan Balita merupakan lab penunjang perkuliahan asuhan bayi dan Balita yang bisa dimanfaatkan oleh dosen dan mahasiswa dalam proses belajar mengajar memberikan asuhan pada Bayi dan Balita, mulai dari anamnesa, pemeriksaan fisik, tindakan dan konseling.

  

  • 5. Laboratorium Ketrampilan Dasar Praktik Klinik (KDPK)

Laboratorium KDPK merupakan lab penunjang perkuliahan ketrampilan dasar klinik yang bisa dimanfaatkan oleh dosen dan mahasiswa dalam proses belajar mengajar, praktikum keterampilan dasar klinik, mulai dari anamnesa, pemeriksaan fisik, pemeriksaan lab penunjang serta tindakan dan konseling. Kedepannya Lab KDPK akan dikembangkankan menjadi Lab KDPK 1 dan KDPK 2 serta lab Anatomi.

  

  • 6. Laboratorium Keluarga Berencana (KB) dan Komunitas.

Laboratorium KB merupakan lab penunjang perkuliahan Keluarga Berencana yang bisa dimanfaatkan oleh dosen dan mahasiswa dalam proses belajar mengajar, memberikan materi keluarga berencana, mulai dari anamnesa, pemeriksaan fisik, tindakan dan konseling.

  

  • 7. Laboratorium Sentral

Laboratorium sentral merupakan lab untuk penyimpanan, perawatan, persiapan dan pengambilan alat.  Terdiri dari 2 ruangan. Satu ruangan untuk khusus penyimpanan alat logam, busa  dan plastik sedangkan satu ruangan lagi dibuat menyimpan linen, bahan habis pakai juga alat yang terbuat dari karet yang di lengkapi dengan AC agar bahan karet tidak mudah meleleh atau rusak. Selain itu ruang tersebut di pakai tempat pengelola lab dan administrasi praktik lab dan praktik klinik kebidanan.

  • Lab Central (Ruangan Ka Laboratorium dan petugas Laboratorium)
  • Lab Central Anatomi
  •