Beasiswa adalah dukungan biaya Pendidikan yang diberikan kepada Mahasiswa untuk mengikuti dan/atau menyelesaikan Pendidikan Tinggi berdasarkan pertimbangan utama prestasi dan/atau potensi akademik. Sedangkan “bantuan biaya pendidikan” adalah dukungan biaya Pendidikan yang diberikan kepada Mahasiswa untuk mengikuti dan/atau menyelesaikan Pendidikan Tinggi berdasarkan pertimbangan utama keterbatasan kemampuan ekonomi yang berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Tujuan dari pemberian beasiswa yaitu  Mendorong mahasiswa penerima untuk lebih berprestasi baik kurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler serta memotivasi mahasiswa lain untuk lebih berprestasi. Memberikan penghargaan bagi mahasiswa  yang berprestasi. Mengurangi jumlah mahasiswa yang putus kuliah, karena tidak mampu membiayai pendidikan.

Mulai tahun 2012, Istilah Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dan Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM) ini disesuaikan dengan istilah kententuan yang ada yaitu berubah menjadi Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (Beasiswa-PPA) diberikan bagi mahasiswa yang berprestasi serta Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (BBP-PPA) diberikan untuk mahasiswa yang memiliki prestasi akademik tetapi kekurangan dari segi ekonomi.

Proses perekrutan beasiswa melalui Bagian Kemahasiswaan bekerjasama dengan kemahasiswaan fakultas. Persyaratan pengajuan adalah mahasiswa yang memiliki prestasi ko-kurikuler atau ekstra-kurikuler yang dibuktikan dengan piagam penghargaan. Namun jika hal itu tidak dimiliki, dapat diganti dengan SK Kepengurusan BEM/BEMU/UKM/LKK dll.

NAMA MAHASISWA PENERIMA BEASISWA BBP-PPA TAHUN 2016

NO NAMA NIM JURUSAN
1 ERNI CHUROTA A’IYUN 141335300013 TEKNOLOGI LABORATPRIUM MEDIS
2 RARAH AMELINAH 141335300033 TEKNOLOGI LABORATPRIUM MEDIS
3 M. FAJAR AL HUDA 141335300025 TEKNOLOGI LABORATPRIUM MEDIS
4 AVINDA ANUGERAH RIZKY 141335300003 TEKNOLOGI LABORATPRIUM MEDIS
5 MEI MANIS ASALLY 151540100022 KEBIDANAN
6 PANGESTU PUTRI LAILY 151540100030 KEBIDANAN
7 GITA AYU ANDAYANI SULISTYO 141540100030 KEBIDANAN

CATATAN: PENERIMA BEASISWA BERDASARKAN RATIO JUMLAH MAHASISWA YANG TERDAFTAR

PERSYARATAN BEASISWA BBM DAN PPA

Diberikan kepada mahasiswa:

a) Jenjang S1/Diploma IV paling rendah pada semester II dan paling tinggi pada semester VIII dan masih menjadi mahasiswa aktif sekurang-kurangnya 6 bulan tahun anggaran berjalan.

b) Diploma III, paling rendah pada semester II dan paling tinggi pada semester VI.

lampirkan berkas sebagai berikut:

a) Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan Kartu Rencana Studi (KRS) atau yang sejenis sebagai bukti mahasiswa aktif;

b) Fotokopi transkrip nilai yang disahkan oleh pihak perguruan tinggi dengan IPK minimal 3,00;

c) Fotokopi piagam atau bukti prestasi lainnya pada bidang ko-kurikuler dan/atau ekstra kurikuler

d) Surat pernyataan tidak menerima beasiswa/bantuan biaya pendidikan lain yang diketahui oleh Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan;

e) Surat Rekomendasi dari pimpinan Fakultas/Jurusan/Departmen;

Mahasiswa yang berminat dapat menghubungi Kemahasiswaan fakultas untuk mendapatkan formulir dan keterangan lebih lanjut.