Bermodalkan tekad yang bulat dan yakin untuk menampilkan yang terbaik, itulah prinsip yang dimiliki ketiga mahasiswa M. Said Agil Siraj, Karlia Hedit Tiana, Cintya Clarita. Mereka adalah mahasiswa DIV Teknologi Laboratorium Medik Umsida yang meraih juara II ajang bergengsi HEF yang diselenggarakan oleh Stikes Muhammadiyah Lamongan.

“Awalnya kami tidak ada target untuk menang,karena kami melihat lawan kami benar-benar sangat baik. Kami hanya berusaha menampilkan yang terbaik ” ungkap Agil dan dua rekannya. (16/12/2017)
Banyak halangan yang mereka jalani, baik dari segi minimnya riset dan waktu yang sering bertabrakan dengan jam kuliah yang sangat padat di Fakultas Ilmu Kesehatan. Memang harus benar-benar bisa membagi waktu antara lomba dengan kuliah. Dengan dibantu oleh dosen pembimbing, ibu Galuh Ratmana Hanum, S.Si., M.Si , mereka dapat lolos pada Seleksi awal yaitu diambil 25 besar pkm terbaik dan lolos untuk presentasi pada tanggal 16/12/2017 di Stikes Muhammadiyah Lamongan. Dan akhirnya, Mereka dapat meraih Juara II HEF 2017 di Stikes Muhammadiyah Lamongan.
Latar belakang karya tersebut adalah banyaknya bekicot pada musim penghujan di sekitar lingkungan yang tidak dimanfaatkan dengan baik. Serta banyaknya kosmetik berbahan sintetik yang menimbulkan alergi pada wajah. “jika di Korea bekicot digunakan untuk kosmetik masker untuk mengenyalkan kulit wajah, melihat adanya hal tersebut kami menginovasikan dengan memanfaatkan lendir bekicot sebagai facial soap untuk mengenyalkan, mencegah penuaan , dan melembabkan kulit wajah” sahut agil. Karena itu, mereka bertiga melakukan penelitian mengenai pembuatan sabun wajah yang berbahan utama lendir bekicot, yang dapat bermanfaat memberikan inovasi baru kosmetik berbahan alami untuk wanita.
Selain itu, kebanyakan bekicot dimanfaatkan daging dan cangkangnya saja. Hal yang menjadi sangat menarik adalah justru lendir bekicot yang mereka gunakan sebagai kosmetik. Dipilih sabun wajah sebagai alternatif kosmetik, dikarenakan sabun wajah sangat mudah diaplikasikan dan mudah dibawa kemana saja saat berpergian jauh pun sangat bermanfaat untuk seseorang yang memiliki kulit yang kering.
Begitulah yang membuat PKM mereka berbeda dari PKM lain sehingga dapat meraih juara II HEF SE-JATIM PTN dan PTS yang diselenggarakan oleh Stikes Muhammadiyah Lamongan. (karlia)

Related Post

Type your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *