Utamakan sholat  5 waktu secara berjamaah dibandingkan dengan tugas. Salah satu penekanan Hanum, SST.MM.M.Kes  Dekan Fikes dalam sambutan memperingati Ramadhan Indah yang digagas BEM Fikes UMSIDA dengan mengambil tema “Ekspresikan Semangat Ibadah Dengan Menjalin Ukhuwah Dalam Kebersamaan”.

Sedangkan Ust. Buadi, M.Pi dari Pasuruan memberikan penjelasan di hadapan dosen, karyawan serta mahasiswa Fikes  tentang pentingnya pendidikan sejak usia dini beliau menerangkan bahwa sekarang anak usia 4-5 tahun sudah mengerti tentang sex baik ditempat umum maupun di lingkungan pondok. Disamping itu kesempurnaan manusia bisa digolongkan menjadi beberapa diantaranya hubungan akhlaq, mempunyai perekonomian yang kuat serta kekuatan ukhuwah.

Sebelumnya acara dilakukan lomba da’i yang dimenangkan Podi D-IV Analis semester 4 dan semester 2 sebagai juara 1 dan 2. Serta lomba nasyid yang dimenangkan prodi D-IV analis semester 2 sebagai juara 1 dan D-III Kebidanan sebagai juara 2.

Yang tidak kalah meriahnya dan kebersamaan adalah berbuka puasa secara lesehan dengan lauk pauk  tempe sambal santan terong dengan istilah sambal ndeso jelas Djauharoh, M.Kes. selaku Penjamin Mutu Fikes (Yoes)