Acara Pra Klinik PKK II : Membangun Komunikasi dan Menyamakan Persepsi dengan Preseptor Lahan Praktik

Bertempat di Kampus 4 Fakultas Ilmu Kesehatan, telah dilaksanakan kegiatan Pra Klinik PKK II (Praktik Klinik Kebidanan II) pada hari Selasa 1 Maret 2016. Acara ini diselenggarakan oleh Program Studi D-III Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah dan dihadiri oleh 18 Bidan pembimbing lahan/preseptor & 9 dosen pembimbing Praktik Klinik Kebidanan II. Acara ini bertujuan untuk menjalin komunikasi dan menyamakan persepsi antara bidan sebagai preseptor dan dosen dari institusi.

Acara dimulai dengan sambutan oleh Ibu Sri Mukhodim Faridah Hanum, S.ST, MM, M.Kes selaku Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan, kemudian dilanjutkan presentasi Materi Pra Klinik PKK II oleh Kaprodi D-III Kebidanan Evi Rinata, S.ST, M.Keb. Materi yang disampaikan antara lain mengenai Pedoman Umum PKK, perubahan pencapaian kompetensi, model asuhan COC (Continuum of Care), dan perubahan model dokumentasi laporan asuhan. Diakhir acara dilaksanakan diskusi dan evaluasi kegiatan PKK II tahun sebelumnya.

Delapan belas BPM (Bidan Praktik Mandiri) dan RB (Rumah Bersalin) yang dijadikan tempat praktik merupakan lahan praktik terpilih di wilayah Sidoarjo, dengan beberapa pertimbangan a.l : pembimbing sudah tersertifikasi sebagai preseptor, memiliki pengalaman klinis yang sangat mumpuni dan jumlah kompetensi kebidanan yang ada dilahan tersebut memadai.

Diharapkan dengan pemilihan lahan praktik dan pembimbing yang berkualitas, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman klinik nyata bagaimana menerapkan asuhan sesuai lingkup standar profesi secara bermutu dan berkualitas. Sebagai informasi tambahan kegiatan Praktik Klinik Kebidanan II/PKK II ini dilaksanakan di semester IV dengan bobot 4 SKS (Klinik) setara 5 minggu kegiatan. Mahasiswa boleh mengikuti PKK II ini apabila mereka sudah lulus MK prasyarat dan sudah menyelesaikan Ujian Praktikum Tahap II & III. (ER)